Bolehkah Filter Udara HEPA Dicuci?


Mencuci HEPA Filter

Filter udara HEPA (High Efficiency Particulate Air) telah menjadi populer dalam menjaga kualitas udara di dalam ruangan. Filter ini diklaim mampu menyaring partikel-partikel kecil seperti debu, serbuk sari, bakteri, dan bahkan virus. Namun, seiring waktu, filter HEPA akan mengumpulkan kotoran dan harus dikelola dengan benar agar efektivitasnya tidak terganggu. Salah satu pertanyaan lazim yang muncul adalah apakah filter HEPA perlu dicuci atau tidak?

Kasus 1:
Menguji kinerja filter HEPA sebelum dan sesudah dibersihkan dengan cara menyedot atau mencuci dengan air. Hasilnya menunjukkan bahwa:

  • Menyedot filter HEPA dapat meningkatkan CADR (Clean Air Delivery Rate) rata-rata sekitar 10%, tetapi ada juga variasi yang besar antara filter yang berbeda. Ini berarti bahwa menyedot filter HEPA mungkin membantu sedikit, tetapi ada kemungkinan juga tidak berpengaruh sama sekali, atau bahkan merusak filter.
  • Mencuci filter HEPA dengan air dapat meningkatkan CADR rata-rata sekitar 14%, tetapi juga ada variasi yang besar antara filter yang berbeda. Ini berarti bahwa mencuci filter HEPA mungkin membantu sedikit, tetapi ada kemungkinan juga tidak berpengaruh sama sekali, atau bahkan merusak filter.
  • Mencuci filter HEPA dengan air juga dapat mengurangi efisiensi penangkapan partikel sekitar 11%. Ini berarti bahwa filter HEPA yang dicuci mungkin tidak dapat menangkap partikel sebaik filter HEPA yang baru.

Jika filter HEPA Anda bisa dicuci, pastikan Anda mengikuti petunjuk pembersihan yang diberikan oleh produsen. Biasanya, langkah-langkah yang disarankan meliputi :

  • Matikan dan cabut filter dari perangkat.
  • Lepaskan kotoran kasar dengan menggoyang-goyangkan filter atau menggunakan alat bantu seperti sikat lembut atau penyedot debu.
  • Cuci filter dengan air hangat dan sabun ringan. Pastikan filter benar-benar kering sebelum memasangnya kembali ke perangkat.
  • Penting untuk diingat bahwa tidak semua kontaminan dapat dihilangkan dengan mencuci filter HEPA. Jika terdapat lapisan filter yang rusak atau mengalami kerusakan, solusinya adalah menggantinya dengan filter baru.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

Form Minta Penawaran

× Whatsapp kami sekarang! Available from 08:00 to 17:00 Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday