Peranan Sistem Tata Udara

Mengapa Sistem Tata Udara di Industri Farmasi dan Rumah Sakit amat penting?

Mesin produksi dan penyimpanan membutuhkan kualitas suhu dan kelembaban tertentu agar dapat menghasilkan obat yang berkualitas. Agar proses produksi obat dapat berjalan sesuai standar, tekanan udara, kebersihan udara dan aliran udara harus diperhatikan. HVAC dan AHU merupakan sistem yang bekerja dalam mengelola kualitas udara sesuai yang dibutuhkan industri farmasi dan rumah sakit.

Industri farmasi dan rumah sakit membutuhkan HVAC dan AHU agar lingkungan kerja pada industri ini dapat memenuhi standar yang menaunginya, diantaranya yaitu Farmakope, CPOB, Standar ISO dan Standar Perdagangan Internasional.

Berikut komponen HVAC dan AHU dalam jasa sistem tata udara di industri farmasi dan rumah sakit:

  • Kompresor

Bagian terpenting dalam AC. Kompresor merupakan pompa dalam AC bertugas untuk menggerakan freon sehingga aliran udara berjalan dengan baik. Kompressor mengambil panas dalam ruangan dan dibuang sehingga suhu ruangan stabil.

  • Kondensor

Kondensor membantu mengubah freon yang berbentuk gas ke dalam bentuk cair. Proses ini disebut kondensasi.

  • Expansion Valve

Bekerja sesuai kondisi ruangan. Apabila ruangan panas, maka valve akan terbuka agar refrigerant dapat masuk ke ruangan secara menyeluruh dan akan terbuka sedikit apabila kondisi suhu sudah stabil. Ekspansion valve terletak dekat dengan kondensor.

  • Evaporator

Evaporator berfungsi untuk menyerap suhu panas dan mengubahnya menjadi dingin.

  • Blower

Blower bekerja sebagai kipas untuk yang mengalirkan udara dari ruangan ke evaporator.

  • Filter Udara

Filter udara ini bertugas untuk menyaring debu dan kotoran yang ada pada ruangan agar kondisi udara pada ruangan selalu bersih.

  • Heating Coil

Berperan penting dalam menjaga kelembaban udara. Coil mengatur suhu agar tidak terlalu dingin untuk mencegah ruangan terlalu lembab.

  • Ducting

Ducting bertugas untuk memeratakan udara ke seluruh ruangan. Juga mengatur ruangan mana yang seharusnya memiliki suhu lebih dingin dibanding yang lainnya. Jadi bisa dikatakan bahwa ducting ini semacam kontrol pusat atas penyaluran udara pada sistem tata udara HVAC dan AHU.

Jasa Sistem Tata Udara HVAC AHU oleh Farrindo! Hubungi Kami Segera [Klik Disini]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

Form Minta Penawaran

× Whatsapp kami sekarang! Available from 08:00 to 17:00 Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday