CADR / Clean Air Delivery Rate (Laju Suplai Udara Bersih)?

Clean Air Delivery Rate dianggap sebagai standar penilaian untuk Air Purifier. Dikembangkan oleh Association of Home Appliance Manufacturers (AHAM), standar ini digunakan untuk mengevaluasi efisiensi dan membandingkan kinerja filter alat pembersih udara. Tiga jenis partikel berbeda diuji: asap, debu, dan serbuk sari.

Ini menunjukkan seberapa efektif pembersih udara menghilangkan debu, polen, dan asap, tiga polutan udara dalam ruangan yang paling sering ditemui, dari udara yang di hirup. CADR menghitung volume udara bersih yang dihasilkan per menit oleh pembersih udara berdasarkan ukuran ruangan.

Bagaimana cara menghitung dan menguji CADR?

Pengujian hanya bisa dilakukan jika memenuhi persyaratan dan lingkungan pengujian yang ditentukan dengan tepat. Ruangannya harus berukuran 28,5m³ dan tertutup. Lantainya terdiri dari permukaan yang halus, sedangkan dindingnya dicat dengan cat yang bisa dicuci. Kipas digunakan untuk menyebarkan partikel di lingkungan pengujian.

Selain itu, ruangannya dibersihkan secara menyeluruh sebelumnya dan dibebaskan dari partikel normal. Ukuran partikel uji juga ditentukan sebagai berikut:

Asap: Ø0,09µm – 1,0µm Debu: Ø0,5µm – 3,0µm Serbuk Sari: Ø5,0µm – Ø11,0µm

Sejumlah partikel dimasukkan ke dalam ruangan. Kemudian tunggu selama satu menit untuk membiarkan partikel tersebar di ruangan. Dalam interval satu menit, pengujian dilanjutkan selama 20 detik. Pengujian untuk partikel debu dan asap dilanjutkan selama 20 menit, sedangkan pengujian untuk serbuk sari dihentikan setelah sepuluh menit karena ukuran partikel yang besar.

Bagaimana cara mengevaluasi hasilnya?

Untuk mengevaluasi kinerja Air Purifier dan filter udaranya berdasarkan hasilnya, aturan dasarnya adalah sebagai berikut:

Nilai rendah menunjukkan kinerja rendah dan semakin tinggi nilainya, semakin baik efisiensi Air Purifier. Karena akurasi statistik, batas-batas telah ditentukan untuk pengukuran. Dengan demikian, standar ini hanya berlaku untuk Air Purifier dengan nilai CADR maksimum:

Partikel Debu: 10 – 400 CFM Asap: 10 – 450 CFM Serbuk Sari: 25 – 450 CFM

Apa yang perlu diperhatikan?

Bayangkan dua Air Purifier dengan nilai CADR yang berbeda. Maka Air Purifier dengan nilai CADR yang lebih tinggi pasti lebih baik. Memang benar bahwa Clean Air Delivery Rate harus digunakan sebagai nilai perbandingan dan titik referensi pertama.

Untuk membandingkan berbagai jenis Air Purifier, sebaiknya menggunakan Clean Air Delivery Rate. Namun, karena partikel terkecil dan bau yang tidak diperhitungkan dalam pengujian, ada baiknya juga memperhatikan faktor-faktor lain. Perhatikan volume, tetapi yang terpenting adalah Class filter.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

Form Minta Penawaran

× Whatsapp kami sekarang! Available from 08:00 to 17:00 Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday