HEPA filter terhadap Virus dan Penanggulangan Siklus HEPA

farrindonafprefilter

Aplikasi filter udara HEPA beserta kelas nya

Orang-orang menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyaring debu, kotoran, dan partikel lainnya dari udara di dalam ruangan dengan menggunakan sistem pengkondisian udara atau ventilasi yang disesuaikan dengan kondisi. Terutama dalam masa pandemi corona, penyaringan udara memainkan peran yang sangat penting.

Filter udara partikulat berkekuatan tinggi yang sesuai (HEPA) dapat secara efektif menghilangkan virus seperti virus corona dari udara. Hal ini mengurangi resiko infeksi dengan SARS-CoV-2 yang dapat menyebabkan penyakit COVID-19. Dengan filter HEPA kelas H13 dan H14, kita dapat memastikan kualitas udara dalam ruangan yang baik dan menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap virus corona kepada orang-orang di dalam ruangan.

Pembersih udara ruangan dengan filter HEPA yang juga menyaring virus atau bakteri biasanya digunakan terutama di daerah-daerah di mana berlaku peraturan kebersihan khusus. Seperti termasuk rumah sakit dan fasilitas perawatan kesehatan lainnya, serta industri makanan atau fasilitas penelitian dan pengembangan.

Namun, selama pandemi corona telah menjadi jelas bahwa filter udara jenis ini juga menawarkan keuntungan besar di daerah lain. Untuk menyaring virus corona dari udara dalam ruangan, filter HEPA dapat digunakan di semua area publik dan komersial di mana dapat diasumsikan bahwa orang yang terinfeksi SARS-CoV-2 terkadang berada di sekitar kita. Kantor, area belanja, sekolah, taman kanak-kanak, fasilitas olahraga merupakan contoh tempat umum orang berkumpul banyak.

Untuk menyaring virus seperti virus corona dari udara secara efektif, diperlukan filter kelas H13 atau H14 dan filter HEPA ini menghilangkan lebih dari 99,95% atau 99,995% partikel dari udara dalam ruangan, jauh lebih efisien daripada filter F7-F9.

Cara kerja filter udara HEPA dan cara membersihkannya

Filter HEPA terdiri dari media serat yang sangat halus. Dibuat dari serat kaca dengan diameter beberapa mikrometer. Kinerja filter yang tinggi berasal dari fakta bahwa serat-serat tersebut disusun secara acak dalam struktur yang sangat halus. Pembersihan filter udara HEPA adalah proses yang harus dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan pada filter dan kontaminasi ulang udara.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kita ikuti untuk membersihkan filter udara HEPA:

  1. Periksa Manual Produk
    Sebelum mencoba membersihkan filter HEPA, Anda harus memeriksa manual produk untuk mengetahui apakah filter dapat dicuci atau tidak
  2. Buka Alat
    Matikan dan cabut alat dari sumber listrik. Buka penutup atau panel yang melindungi filter, lalu keluarkan filter dari alat1.
  3. Ketuk Filter
    Ketuk filter di atas tempat sampah untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.
  4. Bersihkan Filter
    Jika filter dapat dicuci, bilas dengan air sampai air yang keluar bersih. Jika filter tidak dapat dicuci, gunakan selang vakum dengan sikat untuk menghilangkan kotoran.
  5. Keringkan Filter
    Jika mencuci filter, biarkan kering sepenuhnya sebelum memasangnya kembali ke alat.
  6. Konklusi independen
    Ingatlah bahwa tidak semua filter HEPA dapat dicuci, dan mencuci filter yang tidak dirancang untuk dicuci dapat merusaknya. Selalu periksa manual produk sebelum mencoba membersihkan filter udara HEPA. Namun, beberapa perusahaan filter udara berusaha membuat filter se-ramah mungkin dengan lingkungan.

Misalnya, mengganti bingkai logam dengan karton yang dapat terurai secara biologis. Memastikan untuk hanya menggunakan lem yang bersertifikat ramah lingkungan dalam filter udara dan mengurangi jumlah lem tanpa mengorbankan efisiensi pembersihan.

Jika ingin memanfaatkan atau membuang filter karbon secara lebih ramah lingkungan, kita dapat terlebih dahulu membongkar filter udara tersebut, mengeluarkan dan membuang partikel karbon aktif secara terpisah dan dapat memeriksa apakah pabrik daur ulang setempat menawarkan daur ulang karbon aktif. Arang aktif juga bermanfaat (jika tidak tercemar berat) untuk menumbuhkan bunga dan sayuran (membantu mengendalikan kelembaban tanah) dan menyaring bahan kimia di dalam akuarium.

1 thought on “HEPA filter terhadap Virus dan Penanggulangan Siklus HEPA”

  1. Terima kasih banyak atas informasinya yang sangat bermanfaat! Saya selalu menemukan berita yang relevan dan terkini di situs ini. Ngomong-ngomong, jika Anda sering memendekkan tautan, saya merekomendasikan layanan V.af. Saya telah menggunakannya dan merasa sangat efisien. Desainnya juga keren! Anda bisa cek di V.af. Terima kasih lagi untuk konten yang hebat di situs ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

Form Minta Penawaran

× Whatsapp kami sekarang! Available from 08:00 to 17:00 Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday